Sosialisasi APP 2024: Solidaritas dan Subsidiaritas Harus Diwujudkan dalam Tindakan Nyata

9 Februari 2024
  • Bagikan ke:
Sosialisasi APP 2024: Solidaritas dan Subsidiaritas Harus Diwujudkan dalam Tindakan Nyata

Umat-perangkat karya yang hadir.

Solidaritas dan Subsidiaritas menjadi tema sentral Aksi Puasa Pembangunan (APP) tahun 2024, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pun mengusung “Memperkuat Solidaritas dan Subsidiaritas untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama” sebagai sub tema.

21 wilayah terwakili PAKAI--

21 Wilayah Paroki Pinang terwakili.

Sosialisasi APP tahun 2024 telah diselenggarakan oleh seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Gereja St Bernadet, Paroki Pinang pada Minggu, 4 Februari 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 107 umat yang terdiri dari perwakilan 21 wilayah, baik Korwil, Ketua Lingkungan, Pamong Sabda, maupun umat lainnya; 7 orang perwakilan seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) dan 20 orang panitia.

Sambutan Pastor paroki PAKAI==

Romo Lammarudut Sihombing CICM memberikan sambutan.

Sosialisasi dipandu oleh MC Ibu Debora Hapsari, dilanjutkan dengan doa pembukaan dan  menyanyikan lagu ARDAS KAJ yang dipimpin oleh Bapak Petrus Canisius Margo Yuwono. Romo Lammarudut Sihombing, CICM, dalam sambutannya menyampaikan tema APP 2024 mengenai Solidaritas dan Subsidiaritas yang harus diwujudkan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Ulasan logo oleh koordinator APP - yg kebetulan korwil Yohanes - bp Budi Prabowo PAKAI==

Pak Ign Budhi Prabowo, Korwil Yohanes, sebagai Koordinator APP 2024 menjelaskan makna logo ARDAS 2024 dan makna spirit Solidaritas dan Subsidiaritas.

Sebagai pengantar, Bapak Ignatius Budhi Prabowo sebagai Koordinator APP 2024 menyampaikan makna logo ARDAS KAJ 2024 dan spirit Solidaritas dan Subsidiaritas yang dipilih sebagai tema sentral, serta gambaran besar 4 pertemuan yang akan dibahas oleh 4 pemateri berikutnya sebagai panduan pembahasan di lingkungan masing-masing.

Penyampaian pertemuan 1 oleh Egi -ketua OMK dari wil Sisilia PAKAI==

Kak Kornelius Fergio Dwijayanto menjelaskan materi Minggu ke-1.

Materi Pertemuan Minggu ke-1:  Gerakan Pertobatan Hati – Solidaritas dan Subsidiaritas dalam Lingkungan Warga Sekitar, dibawakan oleh Ketua OMK Gereja St. Bernadette yaitu Kak Kornelius Fergio Dwijayanto. Pada pertemuan ini, Bacaan Kitab Suci yang disampaikan adalah Keluaran 6:1-12 tentang kisah Allah mengutus Nabi Musa kepada Bangsa Israel sebagai bentuk solidaritasNya dan kasihNya yang selalu menyertai Musa dalam tugas perutusan sebagai wujud subsidiaritas Allah.

Pemateri pertemuan 2 - ibu Henny dari wil Elisabet PAKAI==

Ibu Veronica Heny Aprijanti menjelaskan materi Minggu ke-2.

Materi Pertemuan Minggu ke-2: Pertobatan yang Membawa Berkat – Solidaritas dan Subsidiaritas dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi, dibawakan oleh Ibu Veronica Heny Aprijanti dari Wilayah Elisabeth, Lingkungan Elisabeth 2. Pada pertemuan ini, Bacaan Kitab Suci yang disampaikan adalah 2 Samuel 12:1-13 tentang kisah Allah mengutus Nabi Natan kepada Daud sebagai bentuk solidaritas dan subsidiaritas Allah kepada Daud yang kala itu jatuh dalam dosa.

Ke 3- Chintya dari wil Petrus PAKAI==

Kak Agnes Chintya Vieny Susanto menjelaskan materi Minggu ke-3.

Materi Pertemuan Minggu ke-3: Strategi “Berbagi” di Abad Digital – Solidaritas dan Subsidiaritas dalam Mewujudkan Kesejahteraan Mental Spiritual, dibawakan oleh Kak Agnes Chintya Vieny Susanto, OMK dari Wilayah Petrus, Lingkungan Petrus 4. Pada pertemuan ini, Bacaan Kitab Suci yang disampaikan adalah Galatia 6:1-10 tentang  Paulus yang memberikan nasihat untuk menyatakan solidaritas dan subsidiaritas dengan berbuat baik membantu saudara yang kedapatan melakukan pelanggaran dalam perbuatan daging, agar dapat berubah atas kehendak budi untuk melakukan perbuatan Roh yang berkenan kepada Allah.

Ke 4 bp Marthen Demu -kebetulan Korwil Theresia PAKAI==

Pak Marthen Demu, Korwil Theresia, menjelaskan materi Minggu ke-4.

Materi Pertemuan Minggu ke-4: Mengubah Diri, Mengubah Bangsa – Solidaritas dan Subsidiaritas dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, dibawakan oleh Korwil Theresia yaitu Bapak Ferdikorius Marten Bajo Demu. Pada pertemuan ini, Bacaan Kitab Suci yang disampaikan adalah dari Kisah Para Rasul 9:1-19a tentang kisah Pertobatan Paulus, sebagai wujud nyata solidaritas dan subsidiaritas Allah dalam karya misi-Nya.

Penanya PAKAI

Pak Bambang Gunadi (Sie Liturgi), penanya.

Setelah para pemateri menyampaikan bahan presentasinya, maka diadakan sesi tanya jawab kepada umat yang hadir. MC kemudian memberikan kesempatan bertanya kepada Bapak Bambang Gunadi (Sie Liturgi) dari wilayah Sisilia. Beliau menanyakan mengenai makna Subsidiaritas “dimana tingkatan yang lebih tinggi membantu tingkatan yang lebih rendah, namun tidak mengambil kewenangannya”.

Pak Benny - korbid pelayanan

Pak Benny Wenas menjawab pertanyaan.

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Benny Wenas (DPH-Korbid Pelayanan), yang menyampaikan bahwa hal ini dapat digambarkan dengan membantu membiayai sekolah anak-anak keluarga yang kurang mampu. Kemudian Bapak Petrus Canisius Margo Yuwono menambahkan subsidiaritas ini seperti istilah “memberi kailnya bukan ikannya”, sehingga mengusahakan kehidupan tetap menjadi tanggung jawab umat yang bersangkutan.

Pak Benny penanya PAKAI==

Pak Lastaryo Poeji, Kaling Loyola 1,  penanya.

Pertanyaan lainnya diajukan oleh Pak Lastaryo Poeji, Kaling Loyola 1, mengenai tidak adanya stiker APP yang biasanya didapatkan pada masa Prapaskah. Ibu Priscilla Lita Noviana kemudian menjawab bahwa hal tersebut disebabkan oleh tidak diberikannya lagi stiker tersebut oleh KAJ seperti masa yang lalu.

Ketua seksi PSE bersama ketua SKKS PAKAI==.jph

Ibu Theodora Aywein dan Ibu Priscilla Lita Noviana.

Sebelum berakhir, Ibu Theodora Aywein (Ketua PSE) dan Ibu Priscilla Lita Noviana (Ketua KKS) menyampaikan pengumuman bahwa seksi PSE senantiasa terbuka mengenai One on One Discussion, sehingga umat diharapkan tidak segan untuk menghubungi jika memerlukannya. Sosialisasi kemudan ditutup doa oleh Bapak Petrus Canisius Margo Yuwono dan kata penutup oleh MC.

 

Materi Pengantar:

 

 

Materi Minggu ke-1:

 

 

Materi Minggu ke-2:

 

 

Materi Minggu ke-3:

 

 

Materi Minggu ke-4:

 

Teks dan Foto: Tim SKKS/ Digital Asst: Jassen

Tags
APP
SKKS

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna